Bimtek Pariwisata dapat memberikan solusi akan untuk mengasah kemampuan dibidang pariwisata daerah, yang saat ini sedang digiatkan oleh pemerintah pusat. Selain itu dengan pariwisata daerah yang berkembang juga akan meningkatkan pendapatan daerah masing-masing sehingga diperlukan pengelolaan retribusi dibidang pariwisata.

Pariwisata atau turisme adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan dan juga persiapan yang dilakukan untuk aktivitas ini. Seorang wisatawan atau turis adalah seseorang yang melakukan perjalanan paling tidak sejauh 80 km (50 mil) dari rumahnya dengan tujuan rekreasi, merupakan definisi oleh Organisasi Pariwisata Dunia. Definisi yang lebih lengkap,turisme adalah industri jasa. Mereka menangani jasa mulai dari transportasi, jasa keramahan, tempat tinggal, makanan, minuman dan jasa bersangkutan lainnya seperti bank, asuransi, keamanan dll. Dan juga menawarkan tempat istrihat, budaya, pelarian, petualangan,pengalaman baru dan berbeda lainnya.

Definisi pariwisata budaya adalah terkait kontemporer dan warisan terhadap gaya hidup, sejarah, seni, arsitektur, kuliner, sistem sosial dan politik, agama, kepercayaan, dan lain-lain yang membentuk cara hidup org. Sementara, wisata Warisan ini terkait dengan sumber daya alam, budaya (berwujud dan tidak berwujud) dan budaya. Jadi wisata Budaya dan Warisan adalah perjalanan yang diarahkan untuk mengalami tradisi, seni, pengetahuan dan warisan lokal sambil menghormati masyarakat tuan rumah dan lingkungan sekitarnya (berwujud dan tidak berwujud, termasuk sumber daya alam).

Tujuan wisata budaya dan warisan, antara lain :

BIMTEK PARIWISATA

  • meningkatkan daya saing produk wisata budaya dan budaya asean
  • meningkatkan jumlah pengunjung internasional yang memenuhi syarat dan mendistribusikannya ke negara-negara asean secara proporsional
  • memperkaya budaya lokal
  • meningkatkan panjang tinggal
  • meningkatkan kepuasan pengunjung sekaligus kepuasan masyarakat.

Wisata Religi adalah kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang yang percaya dengan adanya roh-roh nenek moyang atau pendahulu-pendahulunya. Di samping itu wisata keagamaan, etnis dan nostalgia adalah jenis wisata yang erat kaitannya dengan wisatawan/pengunjung yang memiliki latar belakang budaya, agama, etnis dan sejarah yang sama atau segala sesuatu yg berhubungan dengan masa lalunya.

Lembaga Orientasi Pengembangan Pembangunan Nasional (LOPPNAS) sebagai  penyelenggara bimtek dan diklat pariwisata mengajukan undangan Diklat atau Bimtek Bidang Pariwisata kepada Bapak/Ibu Pimpinan dibidang pariwisata ataupun para apartur yang terkait lainnya.

Materi Diklat/Bimtek Pariwisata mengenai pembangunan pariwisata nasional serta materi bimtek kepariwisataan lainnya yang dapat dijadikan pilihan para peserta bimtek atau diklat bidang pariwisata, antara lain sebagai berikut:

  • Penyusunan Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Nasional ( RIPPDA) Tahun 2010 – 2025 (PP. RI No. 50 Tahun 2011), Serta Petunjuk Teknis Operasional (PTO) Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyrakat (PNPM) Mandiri Pariwisata Tahun 2013.
  • Pengelolaan Retribusi Objek Wisata Daerah dan Pajak Hotel, Restoran, Hiburan, Reklame guna mendukung Peningkatan Pendapatan asli daerah (PAD)
  • Bimtek Manajemen Pariwisata Ekonomi Kreatif Dan Merancang Media Promosi Destinasi Pariwisata Tahun 2016

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai bimtek, diklat pariwisata untuk pemerintah daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *