Training,  bimtek dan diklat kependudukan salah satu sarana untuk meningkatkan profesioanalisme dalam melayani kebutuhan masyarakat yang jumlahnya sangat besar, sehingga memerlukan sumber daya manusia yang mumpuni dalam menangani kebutuhan dibidang kependudukan.

Tujuan manajemen kependudukan ini adalah untuk membuat masyarakat merasa nyaman saat bertempat tinggal di suatu daerah. Apalagi jika kita meninjau fakta bahwasanya kependudukan ini adalah basis utama dari berbagai persoalan pembangunan.

Penduduk Indonesia sebagian besar hidup di daerah pedesaan yang masih memiliki rasa kekeluargaan antar sesama. Kependudukan di Indonesia memiliki empat ciri-ciri umum yaitu Jumlah penduduk yang semakin bertambah, sebagian besar penduduk berusia muda, persebaran penduduk tidak merata pada setiap pulau, sebagain besar penduduk berkerja di sektor pertanian. Pertumbuhan penduduk Indonesia dari tahun ke tahun semakin bertambah namun untuk mengatasi hal itu pemerintah menetapkan kebijakan-kebijakan yang dapat mengendalikan jumlah pertumbuhan.

Karenanya, pencatatan sipil ini juga harus dikelola dengan tepat dan diarsipkan dengan cara yang tepat pula, dimana perlu ditunjang oleh berbagai sarana prasarana penyimpanan yang benar serta baik. Sementara dalam prakteknya sendiri, masih banyak masyarakat yang mengeluh mengenai pencatatan sipil ini, terutama dari segi waktunya.

Lembaga Orientasi Pengembangan Pembangunan Nasional (LOPPNAS) sebagai lembaga penyelenggara bimtek kependudukan mengundang para pejabat dan aparatur dibidang kependudukan untuk mengikuti diklat kependudukan. Dengan materi yang berhubungan dengan tugas tugas dibidang kependudukan yang dipandu oleh instruktur berpengalaman dan komputen dibidang kependudukan.

Materi Diklat/Bimtek Kependudukan mengenai manajemen kependudukan, pelayanan kependudukan, pencatatan sipil serta materi bimtek kependudukan lainnya yang dapat dijadikan pilihan para peserta bimtek atau diklat bidang kependudukan, antara lain sebagai berikut :

BIMTEK NASIONAL

  1. Manajemen Kependudukan Dan Pencatatan Sipil dalam Mewujudkan Pelayanan Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Mudah, Cepat Dan Tepat.
  2. Kemampuan pengelola Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan
  3. Meningkan Profesionalisme tenaga Teknis Informasi Data Kependudukan
  4. Teknis Kependudukan dalam Sistem Informasi Aplikasi Kependudukan (SIAK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *