Pertambangan adalah rangkaian kegiatan pengambilan endapan bahan galian berharga dari dalam kulit bumi, baik secara mekanis maupun manual. Hasil kegiatan tersebut berupa mineral, batu bara, minyak dan gas bumi, bijih emas dan bahan tambang lainnya. Mineral dan Batu bara merupakan kekayaan alam tak terbarukan sebagai Karunia Tuhan Yang Maha Esa. Karena mempunyai peranan penting dalam memenuhi hajat hidup orang banyak. Pengelolaannya harus dikuasai oleh Negara untuk memberi nilai tambah secara nyata bagi perekonomian dalam usaha mencapai kesejahteraan rakyat. Untuk lebih memahami dan meningkatkan pengelolaan kegiatan usaha pertambangan, dengan ini kami mengadakan bimtek pertambangan mineral dan batu bara.

Pertambangan, menurut Undang-Undang Nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (UU No. 4/2009) adalah sebagian atau seluruh tahapan kegiatan dalam rangka penelitian, pengelolaan dan pengusahaan mineral atau batubara yang meliputi penyelidikan umum, eksplorasi, studi kelayakan, konstruksi, penambangan, pengolahan dan pemurnian, pengangkutan dan penjualan, serta kegiatan pascatambang.

BIMTEK NASIONAL

Oleh karena itu dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan pemberian izin usaha jasa pertambangan dan surat keterangan terdaftar. Perlu menyempurnakan pengaturan mengenai aspek – aspek penyelenggaraan usaha jasa pertambangan mineral dan batu bara sebagaimana dimaksud dalam peraturan pemerintah Nomor. 1 Tahun 2014

perubahan kedua atas peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batu Bara. Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat setempat, optimalisasi dan konservasi sumber daya mineral jenis timah dan batu bara dapat memberikan kesempatan bekerja kepada pelaku usaha jasa pertambangan lokal dan masyarakat sekitar tambang.

Lembaga Orientasi Pengembangan Pembangunan Nasional (LOPPNAS) sebagai  penyelenggara training,  bimtek dan diklat pertambangan  mengajukan undangan Diklat atau Bimtek Pertambangan kepada Bapak/Ibu Pimpinan.

Materi Diklat mengenai manajemen pertamabangan rakyat, pengembangan wilayah pertambangan serta materi bimtek pertambangan lainnya yang dapat dijadikan pilihan para peserta bimtek atau diklat bidang pertambangan, antara lain sebagai berikut :

  • Manajemen Pertambangan Rakyat Bagi Instansi Pemerintah sebagai wujud Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Bertanggungjawab.
  • Strategi Pengembangan Wilayah Pertambangan Rakyat

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai bimtek, diklat pertambangan rakyat.